Saturday, November 28, 2015

Cara membuat surat menggunakan fitur mailing microsoft word

Untuk membuat surat khususnya surat undangan biasanya kita kesulitan dalam menuliskan nama orang-orang yang diundang terlebih saat di print, nah pada kesempatan kali ini hh akan memberikan tips menulis surat engan fitur mailing pada microsoft word. cekidot,,, Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka ms word, lalu ketiklah format surat yang akan dibuat, misalnya surat undangan perkawinan, surat undangan resmi dll.



2. buka menubar, mailing, lalu pilih tombol start mail merge dan pilih step by step mail merge wizard



3. Setelah menu di kanan muncul, pilih letter, lalu klik next:starting dokument



4. lalu pilih use the curent document. Hal ini dimaksudkan perintah untuk menggunakan surat yang sudah kita buat pada lembar kerja tadi. Setelah itu pilih next lagi.



5. Next



6. Setelah kita pada step 3, kita pilih tipe new list untuk membuat daftar list yang kita inginkan lalu pilih create. Setelah sampai ke lembar menu new adress list kita pilih customize column lalu pada customize adress list, kita delete semua listnya, setelah itu kita buat list baru dengan cara mengklik tombol add.






7, Setelah list sudah di isi, lalu kita klik ok. Setelah muncul column nama dan alamat yang kita buat tadi, sekarang kita bisa memasukkan nama-nama orang yang ingin kita undang misalnya



8. Kita bisa menambah nama orang dengan mngklik new entry. Setelah semua sudah diketik, kita klik tombol ok (list column bisa dibuat sesuai keinginan kita, misalnya tadi nama dan alamat, bisa ditambah pekerjaan, NIP, dll sesuai yang kita butuhkan dalam surat tersebut). Lalu klik lagi next untuk masuk ke step 4. Pilih more item, lalu kita pilih list yang tadi kita buat misalnya nama. Lalu klik insert setelah itu close.



9. Setelah muncul <<nama>> seperti gambar diatas. Kita bisa mengecek nama-nama yang kita masukkan dengan mgklik tombol next ke step 5.



10. Nah pada gambar diatas ternyata nama-nama yang kita buat sudah muncul, kita bisa melihat nama-nama yang lain dengan mengklik tombol
11. Nah setelah semua proses diatas sudah benar kita bisa klik tombol next, lalu surat yang kita buat bisa langsung dprint dan nama akan otomatis berganti.


sekian tips membuat surat dengan fitur mailing microsoft word semoga bermanfaat amin.





No comments:
Write Comments