Monday, April 9, 2018

Analisa Trade Balance (titik kesetimbangan)

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara trade balance menggunakan indikator TPC, lalu bagaimana cara menganalisa atau menghitung titik kesetimbangan trade balance untuk triangular correlation pairs secara manual menggunakan live datafeed?

pada kesempatan ini, kita akan membahas cara menghitung titik kesetimbangan dari triangular correlation secara manual menggunakan pergerakan harga dari candlestick masing-masing pair secara aktual, taam dan terpercaya.

rumusnya sangat sederhana
titik kesetimbangan triangular pairs = (pergerakan pairs A + B + C)/3.

saya contohkan triangular dari EURUSD, EURJPY dan USDJPY.. sebagai contoh saya sertakan chart daily dari masing-masing pairs tersebut. intinya adalah kita ambil beberapa candle ke belakang untuk perhitungan titik kesetimbangan misalnya kita ambil 10 candle ke belakang dari masing-masing pairs.




dari chart di atas kita dapatkan bahwa pergerakan EURUSD = -1272 point, EURJPY = 583 point dan USDJPY = 1593 point. nah dari data pergerakan tersebut kita bisa menghitung nilai rata-rata dari ketiga pairs dimana nilai tersebut adalah merupakan titik kesetimbangan dari ketiga pairs yaitu

titik kesetimbangan = (-1572 + 583 + 1593)/3 = 201,3333   GOTCHA

jadi titik kesetimbangan dari ketiga pairs adalah 201 point,..

kita bisa menggunakan ms excell untuk menghitungnya
jika kita buat column sederhana menggunakan ms excell maka akan kita dapatkan

angka 1 pada column mewakili pairs EURUSD, angka 2 pada column mewakili pairs EURJPY dan angka 3 pada column mewakili pairs USDJPY. sedangkan angka 4 pada column mewakili titik kesetimbangan (nilai rata-rata ketiga pairs).

bagaimana cara kita trading menggunakan metode trade balance?
pertama kita harus pahami dulu bagaimanapun arah market akan selalu melewati titik kesetimbangan tersebut sehingga kita bisa membuat kesimpulan dari data yang kita peroleh yaitu open buy jika pairs berada di atas titik kesetimbangan dan open sell jika pairs berada di atas titik kesetimbangan.

Sehingga dari data di atas kita bisa trading open buy EURUSD, open sell EURJPY dan open sell USDJPY.

untuk mempermudah perhitungan saya sertakan hitungan ms excell nya  DOWNLOAD.

untuk yang ingin request EA dengan strategy di atas bisa mengirinkan email ke neevstation2@gmail.com


No comments:
Write Comments