Sunday, August 26, 2018

Meksiko, AS kemungkinan 'beberapa jam lagi' jauh dari kesepakatan NAFTA

WASHINGTON (Reuters) - Perunding perdagangan AS dan Meksiko "beberapa jam lagi" menjauhkan diri dari perbedaan bilateral pada Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) tetapi bekerja sama dengan Kanada kemungkinan akan meregang hingga September, seorang pejabat Meksiko mengatakan pada hari Minggu.

Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo mengatakan kepada wartawan bahwa bekerja dengan Kanada, yang telah menghadiri fase terakhir perundingan NAFTA, akan memakan waktu setidaknya satu minggu, meskipun dia optimis Meksiko dan Amerika Serikat hampir mencapai kesepakatan.

"Saya akan mengatakan bahwa kami praktis pada jam-jam terakhir negosiasi ini," katanya kepada wartawan ketika dia tiba untuk berunding di kantor Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer.

Setelah pembicaraan pecah untuk makan siang beberapa jam kemudian, Guajardo mengatakan dia belum bisa menyatakan kemenangan.

Meksiko-AS. diskusi telah difokuskan pada kerajinan aturan baru untuk industri otomotif, yang Presiden AS Donald Trump telah menempatkan di jantung drive-nya untuk mengolah pakta 24 tahun yang katanya telah menjadi "bencana" bagi pekerja Amerika.

Kedua pihak telah secara bertahap mendekati posisi yang sama, dan satu sumber yang dekat dengan perundingan mengatakan pada akhir pekan ini ada "jurang kecil" yang memisahkan keduanya dengan mobil.

Sumber-sumber industri mengatakan mereka hampir menyetujui menaikkan ambang konten otomotif regional untuk akses bebas tarif di bawah NAFTA menjadi sekitar 75 persen dari 62,5 persen.

Trump mengatakan pada hari Sabtu bahwa Washington dapat mencapai kesepakatan dengan Meksiko "segera mungkin" sebagai perunding perdagangan utama presiden yang masuk Meksiko mengisyaratkan kemungkinan solusi untuk aturan energi dan tuntutan "klausa matahari terbenam".

Sejak pemilihan presiden 1 Juli di Meksiko, pembicaraan bilateral telah dipersulit oleh perpecahan antara pemerintahan Meksiko yang masuk dan keluar atas kebijakan energi.

Tim kiri Presiden Meksiko terpilih Andres Manuel Lopez Obrador telah menolak untuk mengabadikan pembukaan sektor minyak dan gas pada tahun 2013-14 yang diberlakukan oleh Presiden Enrique Pena Nieto yang keluar di NAFTA yang baru, orang-orang yang dekat dengan perundingan mengatakan.

Meragukan perusahaan asing yang masuk ke industri minyak Meksiko, Lopez Obrador menentang reformasi energi Pena Nieto.

Jesus Seade, kepala negosiator NAFTA pemerintah Meksiko yang masuk, mengatakan bahwa masalah itu "disetrika" pada pembicaraan NAFTA, tanpa merincinya. Dia mengatakan pekan ini itu bukan masalah "substantif" dan bahwa tim Lopez Obrador ingin memeriksa persyaratan konsisten dengan konstitusi Meksiko.

Jika pembicaraan tiga arah berlangsung hingga September, persetujuan akhir dari kesepakatan di Meksiko kemungkinan akan diteruskan ke Lopez Obrador, karena di bawah otoritas jalur cepat, Kongres AS membutuhkan pemberitahuan 90 hari untuk memberikan suara pada NAFTA baru setelah negosiasi ulang selesai.

Lopez Obrador akan mengambil alih kantor pada 1 Desember.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan pada hari Jumat bahwa pemerintahnya kembali ke perundingan akan tergantung pada seberapa cepat Amerika Serikat dan Meksiko dapat menyelesaikan perbedaan mereka.

No comments:
Write Comments

Blog Archive