Thursday, November 8, 2018

Trading korelasi: XAU/USD vs AUD/USD

Bagaimana cara trading korelasi itu? korelasi itu bisa diartikan "ada hubungan" artinya pairs forex yang akan kita tradingkan itu punya hubungan gerakan/arah, apakah berkorelasi positif (searah) atau berkorelasi negatif (berlawanan arah/mirror).

sebagai contoh yaitu korelasi antara pairs XAU/USD dan AUD/USD. Australia merupakan salah satu negara penghasil dan pemasok emas terbesar didunia. Setiap tahunnya Australia diperkirakan mengekspor emas senilai $5 billion. Oleh karena itu sudah sewajarnya apabila naik turunnya harga emas dunia menjadi sangat berpengaruh bagi ekonomi Australia, terutama mata uangnya.

perhatikan dily chart xau/usd dan aud/usd beriut ini

Jika kita perhatikan kedua pairs di atas berjalan searah, inilah yang diamakan berkorelasi positif. sekarang kita perkecil timeframe ke TF h1

meskipun berkorelasi positif pasti ada yang namanya GAP/bubble yaitu keadaan dimana arah dari kedua pairs tersebut menyimpang dari yang semestinya. hal ini adalah sebuah opportunity untuk membuaka posisi, Alangkah baiknya jika penyimpangan yang terjadi antara TF h1 sama dengan TF daily sehingga potensi profit yang kita dapatkan lebih besar.

Dalam kasus diatas pada tf daily potensi profit bisa didapatkan dengan membuka posisi sell xau/usd dan buy aud/usd. sedangkan pada tf h1 potensi profit bisa didapatkan dengan membuka posisi sell aud/usd dan buy xau/usd..

Bagaimana sistem trading yang bagus dalam kasus diatas? tentu akan lebih bagus jika arah open posisi dalam TF daily sama dengan TF h1. tapi jika kita melihat bahwa pada tf h1 pun sudah menyimpang sangat jauh, kita bisa langsung eksekusi signal tersebut mesi berbeda dengan signal pada tf daily, tentu dengan risk dan reward yang sudah kita hitung sebelumnya.

indikator bisa di download disini
Download Chart Overlays
Download Twin Correlation
Download Three Correlation

4 comments:
Write Comments
  1. dear
    Can you tell me how to set up Trading correlation: XAU / USD vs. AUD / USD?
    best regards
    Saborn

    ReplyDelete
    Replies
    1. that two is positive correlation sir,.. so, we must trade in oposition

      Delete
  2. Dear
    Mean one buy or one sell?
    How can i know chart when buy Sell?

    ReplyDelete
    Replies
    1. you can calculate it sir,.. when that two correlation is out of whack that is one of opportunity signal to get profit

      Delete