Wednesday, December 12, 2018

Ancaman perlambatan ekonomi eropa saat ini tidak cukup untuk mengubah pandangan kami, ECB

Sebagaimana diberitakan oleh berita ekonomi dunia, Kekhawatiran atas perlambatan potensial di Eropa saat ini tidak cukup besar pada Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mengubah perkiraan ekonomi untuk wilayah tersebut, seorang anggota bank mengatakan kepada CNBC Rabu.

"Pada saat ini, dampaknya tidak sedemikian rupa sehingga kami perlu mengubah pandangan kami secara mendasar," kata Klaas Knot, gubernur bank sentral Belanda dan anggota Dewan Pemerintahan ECB, kepada Joumanna Bercetche dari CNBC.

Knot menerima bahwa ada risiko di cakrawala yang berpotensi menyebabkan pertumbuhan macet, termasuk Brexit, deretan anggaran Italia dengan Uni Eropa dan perang dagang AS dengan China. Dia mengatakan itu "tak terelakkan" untuk menyimpulkan bahwa ada risiko penurunan untuk wilayah tersebut.
"Apa yang saya ingin tunjukkan, bagaimanapun, adalah jumlah ketahanan ekonomi kawasan euro. Sekarang jauh lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Kami telah melihat lima tahun pertumbuhan berturut-turut, selama empat tahun terakhir, pertumbuhan secara konsisten melebihi potensi pertumbuhan, "katanya.

Suku bunga ultra-rendah yang dibawa oleh ECB setelah krisis utang euro tahun 2011 diperkirakan akan mulai naik lagi pada akhir musim panas 2019. Hal ini juga diatur untuk mengakhiri program pembelian obligasi besar-besaran pada akhir tahun ini. Namun, komentar Knot menunjukkan bahwa risiko saat ini tidak akan mengubah perkiraan ECB apa pun pada titik waktu ini, dan dengan demikian tidak akan mengubah langkah kebijakan mendatang.

Namun para pelaku pasar perlahan mulai memperhitungkan kemungkinan ECB untuk tidak menaikkan suku bunga sampai tahun 2019 nanti. Knot menegaskan kembali bahwa rencana ECB bukanlah komitmen pusat tetapi harapan, dan bank sentral sendiri telah menyatakan bahwa ia akan tetap bergantung pada data yang masuk.

Source:cnbc.com

No comments:
Write Comments