Tuesday, January 8, 2019

Perang Dagang AS-China Merupakan Peluang Yang Bagus Bagi Indonesia

JAKARTA (Reuters) - Perang perdagangan AS-China dapat menawarkan Indonesia peluang untuk mendapat manfaat dari pergeseran rantai produksi global, kata Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, pada Selasa.

"Perang perdagangan bisa menjadi peluang bagi Indonesia," kata Kalla pada hari Selasa dalam acara prospek ekonomi di Jakarta. "Jika Vietnam sedang booming karena relokasi investasi dari China, mengapa kita tidak bisa?"

Pernyataan tersebut muncul setelah AS dan China memperpanjang pembicaraan perdagangan di Beijing pada hari kedua, hal ini bertolak belakang dengan komentar sebelumnya oleh pejabat senior Indonesia.

Mereka telah memperingatkan bahwa Indonesia dapat dirugikan oleh perang dagang AS-China jika indonesia menjadi tempat pembuangan bagi produk-produk murah China yang terkena tarif AS.

Para ahli mengatakan bahwa ketika negara-negara di Asia Tenggara mengambil untung dari perselisihan tersebut, Indonesia justru melemah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

"Setiap limpahan positif pada akhirnya dapat dibatasi oleh tingkat produktivitas yang relatif rendah, serta kekurangan dalam infrastruktur," kata Nick Marro, seorang analis Cina di Economist Intelligence Unit di Hong Kong.

"Sampai rintangan itu diselesaikan, negara indoneisa akan menghadapi lebih banyak persaingan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam, yang juga berusaha untuk menangkap aliran investasi yang diarahkan."

sumber:investing.com

No comments:
Write Comments