Wednesday, December 12, 2018

ECB akan mengucapkan selamat tinggal pada pelonggaran kuantitatif, tetapi kapan akan menaikkan suku bunga?

Mengacu pada 2 berita besar pada index EUR malam ini, sepertinya investor akan mendekan Mario Draghi untuk menurunkan tingkat suku bunga pada index tersebut.
Bank Sentral Eropa sepenuhnya diharapkan pada hari Kamis untuk menegaskan rencananya untuk mengakhiri program pembelian obligasi pada akhir tahun. Tetapi investor mengharapkan lebih sedikit kejelasan ketika datang untuk memberi sinyal ketika Mario Draghi dan rekan pembuat kebijakan akan bergerak untuk mendorong tingkat suku bunga ultra-rendah.

"Kami berharap tidak ada panduan baru tentang kenaikan suku bunga pertama," kata Piet P.H. Christiansen, analis senior ECB / euro di Danske Bank, dalam sebuah catatan.

Pernyataan kebijakan ECB diharapkan untuk mempertahankan komitmennya untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini setidaknya hingga musim panas 2019. Suku bunga pinjaman utama ECB, yang dikenal sebagai tingkat bunga, berdiri di 0%, sementara tingkat deposito disimpan semalam di bank sentral berada pada -0,4%.

Pernyataan kebijakan jatuh tempo pada jam 1:45. Waktu Eropa Tengah, atau 07:45 pagi Timur, dengan konferensi pers Draghi di markas Frankfurt di Frankfurt yang berlangsung pukul 14.30. CET, atau 8:30 pagi ET.

Dengan memberikan sedikit petunjuk, Draghi, presiden ECB, akan tetap pada program "pengetatan dovish" yang terlihat ECB mempersiapkan untuk melepaskan langkah-langkah luar biasa yang diimplementasikannya setelah krisis keuangan global ketika mencoba untuk menghindari kondisi keuangan yang terlalu ketat, kata Christiansen.

Perhatian berasal dari ekonomi yang belum sepenuhnya pulih dari serangan kelemahan kuartal ketiga tetapi tidak dalam posisi sulit untuk menjamin penurunan peringkat penilaian ECB terhadap risiko terhadap prospek ekonomi, kata Elwin de Groot, kepala strategi makro di Rabobank, dalam sebuah catatan.
Perekonomian Eropa yang melemah dan kekacauan politik telah disalahkan karena terus menekan aset Eropa. Euro EURUSD, + 0,0176% naik 0,4% pada Oktober tetapi turun 5,3% terhadap dolar pada tahun ini hingga saat ini. Stoxx 600 SXXP pan-Eropa, + 1,69% telah turun lebih dari 2% pada bulan Oktober dan mengalami penurunan dari tahun lalu lebih dari 10%, berkinerja buruk S & P SPX, + 0,54% yang turun sekitar 0,2%.

Analis mencari ECB untuk mempertahankan bahwa risiko terhadap prospek tetap "luas seimbang," daripada condong ke sisi negatifnya. Sementara itu, volatilitas di pasar keuangan global, sementara ini juga tidak mungkin diabaikan pembuat kebijakan, kemungkinan tidak akan mengubah rencana ECB, kata de Groot.

Investor juga akan fokus pada rencana ECB untuk menginvestasikan kembali hasil dari neraca keuangannya, yang rencananya akan terus dilakukan untuk "jangka waktu yang panjang" di luar program pembelian asetnya.

Investor akan mencari kejelasan apa maksud dari "periode diperpanjang," kata analis di Barclays, hal tersebut berpotensi membuat para investor akan terus menginvestasikan ulang uangnya untuk "dua hingga tiga tahun dan dalam hal apapun selama diperlukan." Apa pun kurang dari dua tahun akan dipandang hawkish oleh pasar, kata mereka.

Ekonom secara keseluruhan tampak skeptis terhadap ECB untuk memperpanjang jatuh tempo pembelian obligasi atau membuat perubahan besar pada bagaimana mengalokasikan reinvestasi di antara masing-masing negara atau jenis aset.

Source:marketwatch.com

No comments:
Write Comments