Wednesday, December 12, 2018

Pertemuan SNB: Belum ada tindakan yang agresif oleh the fed

Hari ini kita akan menghadapi high impact news pada index CHF, artinya semua pairs yang menggandeng index CHF akan terkena dampaknya seperti usd/chf, eur/chf dll.
Sangat berbeda dengan hampir semua rekan pembuat kebijakan utamanya, SNB telah menahan diri dari memberikan sinyal apa pun yang mempertimbangkan apakah dan kapan mulai keluar kebijakan suku bunga negatifnya, bahkan meskipun ada peningkatan yang ditandai dalam indikator ekonomi Swiss awal tahun ini. Oleh karena itu, itu semua tidak mungkin untuk menyediakan mereka sekarang, pada saat ketika data mulai kehilangan momentum lagi dan ketidakpastian global naik tinggi, mendorong franc lebih tinggi diberikan statusnya sebagai safe-haven.
Secara khusus, inflasi tampaknya telah mencapai puncaknya sehingga bergerak lebih rendah, dengan tingkat CPI inti bertumpu pada hanya 0,2% pertahun sehingga mengusik wilayah deflasi. Sementara itu, ekonomi mengalami kontraksi di Q3, dengan pertumbuhan PDB meningkat pada -0,2% dari kuartal sebelumnya. Keadaan menjadi lebih buruk saat franc kembali melemah terhadap euro; ingat bahwa mata uang yang menguat cenderung menahan inflasi, sehingga SNB sangat memperhatikan nilai tukar. Begitu banyak, bahwa Bank telah sering melakukan intervensi di pasar FX untuk melemahkan franc ketika ketidakpastian global terjadi.

Tak perlu dikatakan, bahkan petunjuk samar dari SNB yang mungkin menaikkan suku bunga tahun depan akan cukup untuk memicu rally yang berarti dalam sebuah mata uang akan membuat sebuah jalur dimana para pembuat kebijakan pasti ingin menghindarinya, karena akan merusak upaya pengangkatan inflasi mereka. Sebaliknya, mereka mungkin menempel pada bahasa yang sama, baik pada franc dan kebijakan, mengulangi bahwa mata uang tetap "sangat dihargai" dan Bank akan terus melakukan campur tangan di pasar FX, sementara juga ingin mempertahankan suku bunga negatif.

Dalam hal reaksi pasar, nada dovish terus akan berpendapat untuk franc lebih lembut dari waktu ke waktu, khususnya terhadap mata uang negara-negara yang menaikkan suku bunga, karena perbedaan suku bunga antara Swiss dan seluruh dunia melebar. Risiko utama untuk hal ini adalah setiap perkembangan global yang memicu apa yang disebut "flight to safety", misalnya eskalasi ketegangan perdagangan atau kebuntuan Italia, aksi jual pasar utama, atau Brexit yang tidak teratur. Dengan kata lain, meskipun suku bunga relatif akan mendukung keseluruhan franc yang lebih lemah, mata uang haven mungkin masih menikmati "gelombang" kekuatan jika risiko global meningkat.

Source:Xm.com

No comments:
Write Comments