Sunday, May 5, 2019

Inilah 10 Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia Pada Tahun 2019

Halo sobat hobiheboh, kali ini kita akan membahas beberapa perusahaan yang paling sukses di tahun 2019, Bagaimana sejarah terbentuknya perusahaan-perusahaan raksasa tersebut sehimgga sampai hari ini masih merajai bisnis di bidangnya masing-masing. Berikut ini adalah 10 daftar perusahaan yang paling dikagumi di dunia versi hobiheboh:

10. Fedex (Federal Express), perusahaan pengiriman logistik

Federal Express adalah sebuah perusahaan transportasi ekspres yang didirikan pada 2 Oktober  1973 oleh Frederick W. Smith. Awalnya pada tahun 1980-an FedEx didirikan hanya untuk mengawasi semua operasi pengiriman penerbangan lintas negara bagian, namun perlahan layanan semacam ini banyak ditinggalkan seperti halnya perusahaan lain seperti British Airways. Pada tahun 1998 Federal Express membeli Caliber Logistic Inc. Dengan pembelian Caliber, perusahaan ini mulai menawarkan layanan lain selain pengiriman ekspres.
Pada bulan Januari 2000, Perusahaan Federal Express berganti nama menjadi FedEx Corporation dan kembali membuka semua anak perusahaan. Federal Express menjadi FedEx Express, FedEx Ground menjadi RPS, Roberts Express menjadi FedEx Custom Critis, dan Caliber  Logistic dan Teknologi digabungkan untuk membuat FedEx Global Logistics. Kemudian sebuah anak perusahaan baru bernama FedEx and Supply dibentuk untuk sentralisasi penjualan, pemasaran, layanan pelanggan untuk semua anak perusahaan.

Pada Februari 2000, FedEx membeli Tower International Group, sebuah perusahaan logistik internasional. FedEx juga membeli World Tariff, sebuah perusahaan yang mengurusi informasi mengenai bea dan cukai di Amerika Serikat. FedEx me-rebranded Tower Group dan World Tariff  untuk membentuk jaringan perdagangan FedEx.

FedEx membangun super-hub di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, di mana semua paket akan dimuat pada transportasi yang sesuai lamanya pengiriman dan dikirim keluar tiap malam. Saat ini FedEx memiliki lebih dari 143.000 pekerja di seluruh dunia dan memberikan lebih dari 3 juta paket ekspres untuk 200 negara setiap hari. FedEx Corporation sekarang meliputi Federal Express, Roadway Packaging System (RPS), Viking Freight, Robert Express dan Caliber Logistic. Strategi FedEx adalah untuk memperkuat penjualan dan sinergi untuk semua perusahaan FedEx, tetapi menjalankan operasi secara terpisah dan menjaga kekuatan masing-masing perusahaan dan pasar secara terpisah pula.

9. JPmorgan Chase, Bank paling berharga di dunia

JPMorgan Chase adalah bank terbesar di Amerika Serikat dengan aset $2,415 triliun, dan bank terbesar kedua di dunia, yang cabangnya ada di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Bank ini adalah pemimpin di bidang derivatif, dan menangani perbankan swasta, perbankan investasi, sekuritas, dan pengelolaan aset. 

JPMorgan Chase memiliki sejarah panjang soal merger dan beli kendali dengan bank-bank lainnya, tetapi akarnya berasal dari tahun 1871, ketika John Pierpont Morgan mendirikan bank ini atas namanya sendiri. Tahun 1895 bank ini berganti nama menjadi J.P. Morgan and Co. JPMorgan Chase adalah hasil merger dengan Chase Manhattan, Chemical Bank, Bear Stearns, Bank One, Washington Mutual, dan beberapa bank lain. 

Perbankan ritel di Amerika Serikat berjalan di bawah merek Chase. JPMorgan Chase adalah salah satu dari bank Empat Besar (bank lainnya adalah Bank of America, Citigroup, dan Wells Fargo). 

8. Netflix, raksasa hiburan internet streaming

Pada awalnya di tahun 1997, Reed Hastings bekerja sama dengan seorang eksekutif perangkat lunak bernama Marc Randolph memulai ide Netfilx dengan tujuan untuk menyewakan film secara online. Di tahun berikutnya, diluncurkanlah situs penyewaan dan penjualan DVD pertama bernama netflix.com

Ada berbagai layanan pelanggan yang ditawarkan, salah satunya dengan menyewakan DVD secara tidak terbatas dengan paket bulanan berharga murah yang menjadi favorit banyak orang. Menginjak tahun 2000, Netflix mulai memperkenalkan gagasan baru berupa sistem rekomendasi film. Pilihan serta prediksi film ini dilakukan secara akurat oleh Netfilx bagi para anggotanya yang telah terdaftar.

Salah satu langkah besar yang dilakukan Netfilx adalah dengan membuat penawaran umum perdana di tahun 2002 berupa IPO di Nasdaq dengan berada di bawah Ticker “NFLX” serta menggaet sebanyak 600.000 anggota di Amerika serikat. Hasilnya, pada 2005 anggota Netflix pun bertambah menjadi 4,2 juta orang.

Di tahun-tahun berikutnya, tepatnya pada 2007 Netflix mulai merilis fitur baru berupa layanan streaming yang memungkinkan seseorang menonton acara TV dan film-film di komputer pribadinya. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga mulai mengadakan kerja sama dengan perusahaan elektronik.

Hal ini bertujuan agar layanan streaming bisa dinikmati melalui perangkat apa saja. Beberapa di antaranya yakni Xbox 360, pemutar Blu-ray, serta dekoder televisi. Seiring perkembangannya, Netflix pun telah dapat dinikmati di iPad, iPhone, serta iPod Touch Apple, Nintendo Wii, serta berbagai macam perangkat lainnya yang terhubung ke internet.

Dari Amerika Serikat dan Kanada, sejarah Netfilx kemudian berlanjut. Pada 2012 Netflix memperluas layanannya ke negara-negara di Eropa seperti Inggris, Irlandia, serta berbagai negara Nordik lainnya. Yang menarik perhatian, di tahun tersebut Netflix mendapatkan penghargaan Primetime Emmy Engineering.

Ketika Netflix telah dapat diakses pada 2013 di Belanda, Netflix kembali meraih Primetime Emmy Engineering dengan 31 nominasi. Beberapa di antaranya yakni serial drama luar biasa, serial komedi, spesial nonfiksi untuk film-film House of Cards, Orange is The New Black, dan The Square.

Selanjutnya di 2014, Netfilx pun telah resmi ditayangkan di 6 negara baru di Eropa, yakni Austria, Belgia, Prancis, Luksemburg, Swiss, serta Jerman. Di tahun berikutnya, penyedia hiburan ini diluncurkan Selandia Baru, Jepang, dan Australia serta ekspansi ke beberapa negara lainnya seperti Italia, Spanyol, dan Portugal.

No comments:
Write Comments