Tuesday, April 9, 2019

Cara menghitung GAP Korelasi 3 Pairs Dengan Manual Backtest

Halo smart trader, Salam profit with low DD,..

Kali ini saya akan menshare cara melakukan backtest 3 pairs korelasi, karena kita semua tahu bahwa tidak mungkin melakukan backtest 3 pairs menggunakan MT4.

Apa saja yang harus kita lakukan untuk melakukan backtest?
Kita sepakati dulu bahwa candlestick Bullish bernilai positif (+) sedangkan candlestick bearish bernilai negatif (-)
Anggap kita akan melakukan open trade buy sell buy (BSB) yaitu dengan posisi buy pairA sell pairB buy pairC maka GAP bisa kita hitung dengan rumus

GAP = A - B + C

sekarang kita akan coba menghitung GAP terbesar untuk 3 pairs eur/usd, eur/jpy dan usd/chf pada bulan maret 2019. Sebagai catatan GAP ini dihitung mulai tanggal 1 sampai 29 maret jadi bukan GAP harian saja. Saya menggunakan TF Daily untuk menghitung high-low nya.



Nah Gambar di atas adalah GAP terbesar pada bulan maret yaitu 1500 point (150 pips) jadi semisal kita open BSB pada tanggal 1 maret maka sekitar tanggal 8 maet kita bisa mendapatkan profit sebesar 1500 point, sebaliknya jika kita open SBS pada tanggal 1 maret maka kita juga akan floathing minus sebesar 1500 point. Dengan analisa tersebut ternyat pada tanggal 8 maret tersebut potensi profit yang bisa kita hasilkan sangat besar, sehingga apabila tanggal 8 maret itu kita open SBS maka saat GAP kembali ke 0 kita akan memperoleh profit sebesar 1500 point juga.

Semoga bermanfaat

Untuk mempermudah analisa silahkan download Excell untuk perhitungannya
Download Excell 3 pairs Backtest

No comments:
Write Comments