Amerika membatalkan bantuan dana ke Pakistan atas dasar catatan buruk tentang militan

WASHINGTON (Reuters) - Militer amerika mengatakan telah membuat keputusan akhir untuk membatalkan $ 300 juta dalam bentuk bantuan ke Pakistan yang telah ditangguhkan karena kegagalan Islamabad untuk mengambil tindakan tegas terhadap gerilyawan.

Yang disebut Koalisi Dukungan Dana adalah bagian dari suspensi yang lebih luas dalam bantuan ke Pakistan yang diumumkan oleh Presiden Donald Trump pada awal tahun, ketika ia menuduh Pakistan memberikan bantuan yang menguntunkan pada masa lalu dengan "tidak ada bantuan apapun tapi hanya sebuah kebohongan & penipuan."

Administrasi Trump mengatakan Islamabad memberikan tempat yang aman bagi para pemberontak yang melancarkan perang 17 tahun pada tetangganya yaitu Afghanistan, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Pakistan.

Tetapi para pejabat AS tetap membuat kemungkinan bahwa Pakistan dapat mendapatkan kembali dukungan dana tersebut jika mengubah perilakunya.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, khususnya, memiliki kesempatan untuk mengotorisasi $ 300 juta dana CSF melalui musim panas ini, Jika dia melihat tindakan Pakistan yang konkrit untuk mengatasi pemberontak tapi Mattis tidak melihat kesempatan itu, seorang pejabat AS kepada Reuters.

"Karena kurangnya tindakan tegas Pakistan dalam mendukung Strategi Asia Selatan maka sisa $ 300 (juta) akan ditangguhkan," kata juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Kone Faulkner.

Dia mengatakan, 500 juta dolar lagi di CSF telah dilucuti oleh Kongres dari Pakistan awal tahun ini, untuk membawa jumlah total yang dipotong menjadi $ 800 juta.

pengungkapan datang menjelang kunjungan yang dilakukan oleh Sekretaris Negara AS Mike Pompeo dan bagian atas perwira militer AS, Jenderal Joseph Dunford, ke Islamabad. Mattis mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa memerangi militan akan menjadi "bagian utama dari diskusi."

Para ahli berpendapat tentang konflik Afghanistan, perang tersebut adalah yang terpanjang dalam sejarah Amerika, mereka juga berpendapat bahwa para militan memiliki tempat berlindung yang aman di Pakistan sehingga memungkinkan gerilyawan Taliban di Afghanistan menjadikan tempat itu untuk merencanakan serangan yang mematikan dan berkumpul kembali setelah serangan darat.

MENINGKATKAN TEKANAN

Keputusan Pentagon menunjukkan bahwa Amerika Serikat, yang telah berusaha mengubah perilaku Pakistan, masih meningkatkan tekanan pada aparat keamanan Pakistan.

Ini juga menggarisbawahi bahwa Islamabad belum memberikan perubahan kebijakan yang diinginkan Washington.

"Ini adalah dikalibrasi, penambahan tekanan pada Pakistan," kata Sameer Lalwani, co-direktur program Asia Selatan di Stimson Pusat think tank di Washington.

Reuters melaporkan pada bulan Agustus bahwa pemerintahan Trump telah diam-diam mulai memotong puluhan petugas di Pakistan dari pelatihan dan program pendidikan yang telah menjadi ciri khas hubungan militer bilateral selama lebih dari satu dekade.

Pentagon membuat penentuan serupa di CSF di masa lalu tapi langkah tahun ini bisa mendapatkan perhatian lebih dari Islamabad karena perdana menteri baru Imran Khan saat ini juga berada dalam situasi krisis dalam bidang ekonomi.

cadangan devisa Pakistan telah menurun drastis selama tahun lalu dan akan segera memutuskan apakah akan mencari bailout dari Dana Moneter Internasional (IMF) atau negara-negara sahabat seperti Cina.

"Mereka akan memeras kami ketika mereka tahu bahwa kami rentan dan mungkin sinyal tentang apa yang akan dilakukan oleh Pakistan yaitu datang ke IMF untuk mengajukan pinjaman," kata Lalwani. Amerika Serikat memiliki pangsa terbesar dari orang di IMF.

Khan, yang pernah menyarankan untuk menembak jatuh pesawat tak berawak AS jika mereka memasuki wilayah udara Pakistan, telah menentang kehadiran Amerika Serikat secara terbuka di Afghanistan. Dalam pidato kemenangannya, dia mengatakan dia ingin mendapatkan posisi 'saling menguntungkan' dalam hubungan dengan Washington.

Seorang pejabat Pakistan mengatakan ia tidak menyadari pemberitahuan resmi dari keputusan AS tentang bantuan dana tetapi mengatakan masih ada satu harapan pada akhir September.

Pakistan telah menerima lebih dari $ 33 miliar dalam bantuan AS sejak tahun 2002, termasuk lebih dari $ 14 miliar pada CSF, program Departemen AS Pertahanan untuk mengganti sekutu yang telah mengeluarkan biaya dalam mendukung operasi kontra-pemberontakan.

Pakistan harus bisa memenuhi syarat yang diajukan CSF tahun depan.

sumber:investing.com
Amerika membatalkan bantuan dana ke Pakistan atas dasar catatan buruk tentang militan Amerika membatalkan bantuan dana ke Pakistan atas dasar catatan buruk tentang militan Reviewed by Yonif on September 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.